Selasa, 23 Juli 2019

Harga Rumah Murah di Bandung Lokasi Tempat Wisata

Pernahkah Anda mendengar harga rumah di kota Cimahi ada yang sebesar 12 M? Alias 12 milyar rupiah. Apakah Anda sempat bertanya-tanya mengapa bisa sampai senilai itu? Bukankah hakekatnya sama-sama saja antara rumah satu dengan yang lain kalau diperhatikan dari peruntukannya? Ataukah itu cuma nalar-akalan pihak pengembang yang memanfaatkan sentimen konsumen saja? Bahkan di beberapa titik tertentu harga rumah bisa jadi betul-betul betul-betul jauh di atas NJOP (Poin Jual Obyek Pajak). Terutama lagi ada kalanya justru NJOP juga tidak menjadi barometer harga sebuah rumah di kota Cimahi dan Bandung, namun ada juga developer rumah syariah.

Seperti yang difahami bersama, ada beberapa faktor yang memberi pengaruh harga sebuah hunian di suatu lokasi yang terbangun. Unsur-faktor tersebut secara simultan berakibat terhadap hasil akhir harga sebuah rumah atau hunian semisal yang ada di Cimahi dan Bandung. Dalam skala kecil faktor tersebut memang cuma berakibat terhadap harga satu unit hunian. Namun ketika kita berbicara dalam skala besar seperti halnya perumahan, blok atau cluster karenanya sejumlah faktor tersebut akan berefek terhadap konsep keseluruhan dari zona yang dibangun. Unsur utama yang mempengaruhinya merupakan harga dasar tanah yang di atasnya nanti akan dibangun rumah. Harga dasar ini memutuskan harga jual tanah yang akan dipasarkan ke konsumen yang secara lantas juga memberi pengaruh harga keseluruhan sebuah hunian.

Setelah faktor harga dasar tanah, faktor lain yang memberi pengaruh harga rumah di Cimahi dan Bandung merupakan biaya pembangunan jasmani bangunan. Biaya pembangunan ini terdiri dari biaya SDM dan biaya harga pembelian material bangunan. Unsur selanjutnya merupakan lokasi geografis di mana sebuah hunian akan didirikan. Semakin dekat dengan sentra keramaian atau sentra ekonomi, karenanya harga rumah yang dipatok akan lebih tinggi dibanding di lokasi yang jauh dari sentra keramaian.

Kota Bandung dan Cimahi ketika ini sudah menjadi kota liburan dengan penetrasi luar umum. Disadari atau tidak, ketika ini kedua kota tersebut sudah menjadi destinasi andalan utama liburan di Jawa Barat dan malah Indonesia. Tercatat pelbagai tujuan liburan alam sudah berada di kedua kota ini. Taraf ekonomi dari kedua kota ini memberikan dampak signifikan terhadap laju pertumbuhan properti di dalamnya. Dan tentunya juga berakibat terhadap harga rumah di Cimahi serta Bandung. Sebagai figur hunian ataupun properti yang berada di Jalan Setiabudi Bandung, memiliki harga betul-betul tinggi dikarenakan posisinya berada di Jalan Setiabudi yang di sana berdiri pelbagai factory outlet. Tidak jauh beda kalau mengamati Cimahi, properti yang berada di jalur Kolonel Masturi bagian bawah malah, memiliki poin properti yang tinggi dikarenakan di jalan inilah tersedia kios-kios alternatif kebutuhan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar